Jumat, 06 Januari 2017

SISTEM PEREDARAN DARAH KECIL

SISTEM PEREDARAN DARAH KECIL

Sistem peredaran darah kecil merupakan sistem peredaran darah yang menuju paru – paru. Aliran darah pada peredaran darah ini sangat pendek, yaitu dari jantung menuju paru – paru kemudian kembali lagi ke jantung. Aliran darah yang menuju paru – paru ini berfungsi dalam pertukaran udara pernapasan.
Darah yang dibawa oleh pembuluh vena dari seluruh sel di dalam tubuh akan membawa karbondioksida yang merupakan sisa metabolisme di dalam sel. Selain itu, darah ini membawa sari – sari makanan yang berasal dari sistem pencernaan. Senyawa karbondioksida akan terikat dalam haemoglobin sel darah merah dan merupakan senyawa yang bersifat racun, untuk itu harus dikeluarkan dari tubuh. Darah dari pembuluh vena akan bermuara di vena cava (vena besar) dan masuk ke dalam jantung.
Serambi kanan adalah ruang jantung yang menerima darah yang dibawa pembuluh vena tersebut. Kemudian darah tersebut akan dialirkan ke bilik kanan. Antara serambi kanan dan bilik kanan dibatasi oleh sekat atau katup trikuspidalis yang mencegah aliran balik dari bilik kanan ke serambi kanan.
Setelah bilik kanan terisi sempurna maka otot- otot penyusun dinding bilik memompakan darah tersebut ke luar jantung menuju paru – paru melalui pembuluh arteri pulmonaris. Ketika darah sampai di bagian paru – paru, darah akan memasuki pembuluh – pembuluh kapiler alveoulus untukmengadakan pertukaran gas karbondioksida dengan oksigen udara pernapasan.
Pertukaran ini terjadi dengan mekanisme difusi, sehingga oksigen akan masuk sementara karbondioksida akan dilepaskan dari darah kemudian masuk ke sistem pernapasan untuk dibuang. Sementara oksigen yang masuk diikat oleh haemoglobin eritrosit. Aliran darah dari paru – paru kemudian akan kembali ke jantung kembali yang dibawa oleh pembuluh darah vena pulmonaris.
Dengan demikian pembuluh darah vena paru –paru ini akan mejadi satu – satunya pembuluh darah vena yang membawa darah yang kaya akan kandungan oksigennya. Darah dari vena akan memasuki ruang serambi kiri di jantung. secara umum, aliran darah pada sistem peredaran darah kecil dapat dialurkan sebagai berikut:
Bilik Kanan –>Arteri Pulmonaris –>Kapiler Alveolus –>Vena Pulmonaris –>Serambi Kiri.
Hasil gambar untuk PEREDARAH DARAH KECIL
Sumber : http://kakakpintar.com/cara-kerja-sistem-peredaran-darah-besar-dan-kecil-pada-manusia/
VIDEO :

SUMBER : https://www.youtube.com/watch?v=F1wpa5rf9RA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar