Jumat, 21 Juli 2017

Pengertian rumah adat dan minimalis

Pengertian rumah adat dan minimalis

1. Rumah Adat adalah bangunan yang memiliki cirikhas khusus, digunakan untuk tempat hunian oleh suatu suku bangsa tertentu.Rumah adat merupakan salah satu representasi kebudayaan yang paling tinggi dalam sebuah komunitas suku/masyarakat. Keberadaan rumah adat di Indonesia sangat beragam dan mempunyai arti yang penting dalam perspektif sejarah, warisan, dan kemajuan masyarakat dalam sebuah peradaban.

Rumah-rumah adat di indonesia memiliki bentuk dan arsitektur masing-masing daerah sesuai dengan budaya adat lokal. Rumah adat pada umumnya dihiasi ukiran-ukiran indah, pada jaman dulu, rumah adat yang tampak paling indah biasa dimiliki para keluarga kerajaan atau ketua adat setempat menggunakan kayu-kayu pilihan dan pengerjaannya dilakukan secara tradisional melibatkan tenaga ahli dibidangnya, Banyak rumah-rumah adat yang saat ini masih berdiri kokoh dan sengaja dipertahankan dan dilestarikan sebagai simbol budaya Indonesia.




Hasil gambar untuk rumah adat dan rumah minimalis Hasil gambar untuk rumah adat dan rumah minimalis

2. Rumah minimalis yaitu rumah yang  berbentuk kecil yang bisa di design modern seperti di era modernisasi ini , tinggal bagaimana kita bisa menata, mendekorasi ruang-ruang interior maupun eksterior rumah kita agar rumah terlihat modern. Juga pengertian rumah minimalis yaitu simpel, memiliki bukaan- bukaan yang lebar, warna cat cenderung monokrom dengan sentuhan aksen-aksen garis-garis yang sangat tegas, baik vertikal maupun horizontal serta banyaknya bentukan kotak-kotak. 

               Dalam dunia arsitek entang rancang bangun,fungsi dari bentukan yang sederhana. Yang banyak mengambil unsur-unsur geometris. Unsur geometris ini memang sangat mudah di terima, karena kesan yang luas dan bersih sekarang ini sepertinya menjadi sebuah harga mahal. Yang bertujuan untuk membuat rumah terasa nyaman juga bisa  meminimalisir tingkat kestresan penghuni rumah tersebut.

                 Misalnya gaya minimalis pada ruang keluarga,tidak perlu menaruh banyak furniture misal kursi dan sofa. atau cukuplah dengan menaruh karpet serta beberapa buah bantal di tempat duduk. Begitu juga dengan kamar tidur, gunakanlah futon Intinya adalah, semakin sedikit barang yang kita terapkan dirumah tersebut, semakin minimalis gaya rumah kita.

                  Banyak orang yang beranggapan bahwa gaya minimalis sebagai tren dimasa kini. Padahal gaya minimalis tersebut lebih identik dengan gaya hidup yang diaplikasikan pada sebuah desain rumah minimalis itu. Jika gaya hidup kita tidak minimalis, pastinya kita tidak akan merasa nyaman jika kita memiliki rumah gaya minimalis. Jadi kita jangan bilang (minimalis), kita harus mengenali terlebih dahulu tentang Pengertian Rumah Minimalis itu.








Sumber :
http://alifianurul.blogspot.co.id/2017/07/pengertian-rumah-adat-dan-rumah.html#more
http://taufikwafa18.blogspot.co.id/2013/04/pengertian-rumah-minimalis.html
http://budayaadatdaerah.blogspot.co.id/2014/11/pengertian-rumah-adat.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar