Jumat, 21 Juli 2017

Macam-macam rangkaian listrik

Macam-macam rangkaian listrik



Macam-macam rangkaian listrik

a. Rangkaian Seri

Di dalam sebuah rangkaian terdapat komponen-komponen listrik, seperti lampu, kabel, amperemeter, voltmeter, dan sebagainya. Telah disinggung pula bahwa untuk mengukur kuat arus listrik di dalam sebuah rangkaian tertutup, amperemeter harus disusun secara seri dengan sumber arus listrik misalnya baterai.

Rangkaian seri adalah rangkaian listrik di mana semua hambatan listrik (atau peralatan listrik) disusun berderet, ujung hambatan satu bersambungan dengan ujung hambatan yang lainnya.

Dalam rangkaian seri, besarnya hambatan total rangkaian merupakan jumlah dari keseluruhan hambatan peralatan listrik yang disambungkan dalam rangkaian.
Pengertian dan Macam-macam Rangkaian Listrik (Seri, Paralel serta Campuran)
Gambar: Contoh Rangkaian Seri

Gambar di atas merupakan sebuah contoh rangkaian seri. Pada rangkaian tersebut terdapat komponen-komponen listrik, yaitu baterai, tiga buah lampu, dan amperemeter. Sebuah rangkaian seri ditandai dengan tidak adanya percabangan di rangkaian tersebut.

b. Rangkaian Paralel

Selain rangkaian seri, sebuah rangkaian listrik dapat berupa rangkaian paralel. Pada rangkaian paralel, komponen-komponen listrik disusun secara paralel/sejajar dengan sumber arus listrik.

Contoh sebuah rangkaian paralel ditunjukkan pada Gambar di bawah ini. Dalam rangkaian paralel, besarnya hambatan total dalam rangkaian lebih kecil dari hambatan setiap peralatan listrik yang disambungkan.
Pengertian dan Macam-macam Rangkaian Listrik (Seri, Paralel serta Campuran)
Gambar: Contoh Rangkaian Paralel

Besarnya hambatan pengganti dari rangkaian seri dan paralel serta besarnya kuat arus dan tegangan yang mengalir dalam rangkaian akan dipelajari di subbab berikutnya tentang hambatan listrik.

Alat-alat listrik di rumahmu disusun secara paralel. Dengan cara ini, kamu dapat menonton televisi dan menyalakan lampu secara bersamaan. Jika televisi dimatikan, lampu akan tetap menyala.

c. Rangkaian Campuran

Selain rangkaian listrik seri dan paralel, masih ada satu lagi rangkaian listrik lainnya yaitu rangkaian listrik campuran. Rangkaian listrik campuran yaitu gabungan atau perpaduan antara rangkaian listrik seri dan rangkaian listrik paralel. Perhatikan contoh berikut ini!
Pengertian dan Macam-macam Rangkaian Listrik (Seri, Paralel serta Campuran)
Gambar: Contoh Rangkaian Campuran



Sumber : http://duniapendidikan212.blogspot.co.id/2015/12/pengertian-dan-macam-macam-rangkaian.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar