Kamis, 25 Januari 2018

BUDIDAYA KUCING ANGGORA

BUDIDAYA KUCING ANGGORA

Image result for ternak KUCING ANGGORA

Beternak Kucing Anggora

Kucing anggora yang bagus dipasaran harganya berkisar antara 10 juta atau lebih, ini kalau kucing tersebut dilelang dalam sebuah kontes kucing anggora atau sejenisnya. Kalau hanya dipelihara saja, atau jual beli biasa harganya berkisar mulai 1-6 juta. Tentunya untuk yang kualitas kontes dan yang biasa berbeda teknik beternaknya. Sebaiknya ketika memulai bisnis ini sudah memiliki tujuan yang pasti, untuk kebutuhan apa, agar bisa menentukan teknik budidaya yang sesuai, karena itu semua akan terkait dengan pemilihan lokasi, bagaimana cara ternaknya, biaya yang dibutuhkan dan lainnya.

Mengawinkan Kucing Anggora

Cara ternak kucing yang paling sulit adalah proses pengawinannya, karena sifat hewan ini yang pilih-pilih pasangan ataupun tempat, jadi memang agak rewel, karenanya dibutuhkan kesabaran. Kucing memiliki masa subur yaitu setiap dua minggu, dan akan berlangsung selama 2-4 hari. Sedangkan yang jantan, selama dia sehat. Betina baru bisa dikawinkan setelah lebih dari setahun umurnya, dan sebelum kawin divaksin dulu, dan juga harus bersih dari jamur ataupun kutu. Kalau mau kawin silang pilihkan dengan kucing yang beda rasnya tidak terlalu jauh.

Tanda Kucing Siap Kawin dan Hamil

Kalau kucing selalu mengeong dengan volume suara yang keras, dan terjadi terus menerus, juga bergulingan di lantai terus menerus maka kucing sudah siap kawin. Tapi kalau mau mengawinkan kucing sebaiknya diberi waktu mereka saling berinteraksi atau saling mengenal dulu, dan biarkan kawin secara natural. Kalau Anda dapati puting susu betina mulai membesar dan bulu-bulu sekitar puting menipis, tandanya ia hamil. Masa kehamilannya kurang lebih 65 hari.

Merawat Kucing Anggora

Dalam proses budidaya kucing anggora, pekerjaan Anda belum selesai setelah mendapatkan anak kucing saja. Anda juga harus memperhatikan perawatan kucing selanjutnya, seperti memperhatikan kandangnya, makanannya dan kesehatannya. Makanan kucing beragam ada yang basah, kering atau kombinasi. Supaya mood makannya bagus berikan secara variatif. Perhatikan juga kualitas nutrisinya. Selain jenisnya yang beragam, makanan kucing juga banyak macamnya menurut usia dan kondisinya, untuk anak-anal, dewasa, hamil dan menyusui. Makanan ini sangat penting kalau ingin mendapatkan kualitas kucing anggora yang bagus.

Kebersihan Kandang dan Kesehatan Kucing

Untuk menjaga bulu tetap indah, kucing anggora memerlukan perawatan yang intensif, seminggu sekali mandikan dan keramasi kucing menggunakan shampoo khusus kucing anggora. Telinga dan kuku kucing bisa dibersihkan memakai baby oil. Lalu untuk menjaga kondisi kesehatannya berikan vaksin supaya tidak mudah terserang dan tertular penyakit. Untuk kandangnya, tidak cukup dengan dibersihkan saja, melainkan juga harus diberikan obat sucihama serta cairan desinfektan. Menempatkan kandang kucing harus dicarikan ruangan yang terkena sinar matahari pagi, karena baik untuk kesehatannya. Ingat, bahwa kucing juga bisa menjadi media virus yang menyerang manusia, jadi jangan pernah mengijinkan kucing masuk ke dalam kamar dan tidur bersama Anda.

Ajari Kucing Kebersihan

Berbicara soal budidaya kucing anggora tidak lengkap rasanya kalau tidak menyertakan kelebihan kucing anggora ini. Kucing ini gampang dijinakkan. Untuk menambah nilai jualnya Anda sangat mungkin untuk memberikan pelatihan, seperti melatihnya untuk buang kotoran di tempat yang sudah Anda siapkan, agar ketika Anda mendapatkan pembeli, si pembeli merasa nyaman mendapatkan kucing yang pintar

SUMBER :
http://1001budidaya.com/budidaya-kucing-anggora/
http://ternakdanburung.blogspot.co.id/2017/03/harga-kucing-terbaru-jenis-anggora-dan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar