Kamis, 25 Januari 2018

BUDIDAYA AYAM JAWA SUPER

BUDIDAYA AYAM JAWA SUPER

Image result for ternak ayam jawa super


Metode beternak ayam jawa super yang baik dan cepat panen

1.Mencari Pengalaman

Apa yang dimaksud mencari pengalaman disini ? Apabila posisi anda sebagai pemula ,sebelum beternak ayam kampung super sebaiknya anda bertanya terlebih dahulu kepada orang sudah yang sudah menjalankan bisnis.Anda bisa main ke kandang langsung agar mendapatkan gambaran dan pengetahuan dari sang pelaku bisnis.Apabila anda sudah menjalankan pasti anda akan mempunyai pengalam langsung yang sangat berharga.Yang terpenting jangan takut akan kegagalan.


2.Pembuatan Kandang

Apabila anda sudah yakin dan mantap ingin beternak ayam kampung super (joper),saatnya membuat kandang.Kandng harus disesuaikan dengan DOC ayam jawa super yang akan anda besarkan.Ingat jangan terlalu berdesak-desakkan berikan ruang yang longgar agar DOC merasa nyaman.
Jika anda berencana mmbuat kandang usahakan agar jauh dari keramaian,predator,kelembaban,dikasih sirkulasi  udara,dapat sinar matahari pagi yang cukup dll.Untuk lebih jelasnya silahkan baca Kriteria pembuatan dan lokasi kandang ayam joper.

3.Pemilihan Bibit Unggul

Setelah kandang jadi satnya anda membeli DOC atau bibit ayam kampung super.Ingat jangan sembarangan beli DOC,pilihlah bibit yang berkualitas bagus.Biasanya bibit yang bagus mempunyai ciri badan tegap,tidak cacat,bulu mengkilat dll.Apabila bibit anda bagus tentu pertumbuhannya juga akan sangat baik dan terhindar dari penyakit.
Diluaran sana banyak sekali dijual bibit atau DOC ayam kampung super,anda harus selektif sebelum membelinya.Untuk lebih jelasnya silahkan klik Di Sini.

4.Penyediaan Pakan

Semua makhluk hidup pasti membutuhkan yang namanya makanan tak terkecuali ayam kampung super.Keberadaan pakan adalah salah satu faktor utama dalam pertumbuhan ayam.Setiap hari ayam juga membutuhkan asupan nutrisi dan gizi agar bisa tumbuh dengan baik.Berikanlah pakan yang banyak mengandung gizi pada ternak ayam anda.

Ingat dalam pemberian makan jangan disamakan ya kawan,apabila masih kecil anda harus memberikan pakan yang sifatnya mudah dicerna.Pakan dalam budidaya ayam kampung super harus disesuaikan dengan usianya.Jenis pakan dan minuman yang baik untuk ayam jawa super banyak dijual dipasaran.

5.Pengendalian Penyakit

Nah faktor kelima ini juga harus anda perhatikan,mengingat semua ayam yang anda ternak pasti tidak semua sehat,pasti ada beberapa yang terkena penyakit.Apabila ada beberapa ayam anda yang terkena penyakit sesegara mungkin untuk dipisahkan dan segera diobati.Sebelum hal itu terjadi sbaiknya anda mencegahnya dengan cara :

a.)Menjaga sanitasi kandang,peralatan kandang dan manusianya
b.)Selalu menjaga kebersihan kandang setiap hari
c).Melakukan vaksinasi secara teratur
d.)Pemilihan lokasi ternak yang bebas dari penyakit

6.Pemeliharaan

Managemen pemeliharaan juga memegang peranan penting dalam keberhasilan ternak.Tujuan pemeliharaan agar ayam anda bisa mengontrol penyakit dan ayam kampung super anda bisa tumbuh dengan sehat.Pemeliharan memang susah-susah gampang ,anda harus telaten dalam hal pakan,vaksinasi secara berkala sert kebersihan kandang.

7.Pengelolaan Produksi

Sebagai seorang peternak yang profesional maka sangat penting untuk menjaga produksi yang kita lakukan agar memenuhi standar kualitas produk.Dalam menjalankan usaha perlu pengaturan dan penjadwalan secara teratur seperti kapan DOC atau bibit masuk dan kapan ayam dipanen.Karena dengan begitu pengepul maupun itra kerja anda akan lebih senang karena mereka akan tau kapan hasil ternak anda sudah siap untuk dijual dipasaran.

sumber :
https://www.jualayamhias.com/cara-super-cepat-beternak-ayam-kampung-super-atau-ayam-jawa-super-joper/
http://lintasternak.nyimuetz.com/2016/10/7-cara-mudah-budidaya-ayam-kampung-super-bagi-pemula.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar