Minggu, 02 April 2017

ALAT MUSIK

ALAT MUSIK 
1. Alat musik tiup


  
1. Klarinet

Alat Musik Tiup Modern dan Tradisional Beserta Gambarnya


Dua klarinet sopran: klarinet Bb (atas) dan klarinet A (bawah, tanpa mouthpiece). 

2. Obo


Nama Alat Musik Tiup Modern dan Tradisional

Obo adalah alat musik double reed jenis woodwind. Ia adalah keturunan dari shawm. Kata "obo" berasal dari bahasa Perancis hautbois, berarti "high wood". Alat musik ini kadang-kadang masih disebut hautboy dalam bahasa Inggris. Seorang musikus yang memainkan obo disebut obois.

Dibandingkan dengan instrumen woodwind lainnya, obo memiliki suara yang jernih dan melengking. Suara obo dapat terdengar jelas dalam ansambel yang besar sehingga suaranya dapat dengan mudah didengar ketika tuning. Orkestra biasanya melakukan tuning dengan mendengarkan suara obo memainkan A concert (biasanya A440, tapi terkadang lebih tinggi). Obo di-pitch di C concert.

3. Saksofon

Macam-macam Alat Musik Tiup Modern dan Tradisional


Alat musik tiup Saksofon adalah instrumen tergolong dalam keluarga woodwind. Benda logam adalah bahan untuk membuat Saksofon. Pada umumnya, Saksofon dihubungkan dengan popular music, big band music dan jazz, padahal dulu dipakai sebagai instrumen orkestra dan band militer.
Saksofon terbagi tiga:
– Curved Bell Soprano Saxophone
– Soprano Saxophone
– Alto Saxophone

4. Flute

Alat Musik Tiup Modern dan Tradisional Beserta Gambarnya


Flute adalah instrumen musik dari keluarga woodwind. Suara flute berkarakter lembut dan dapat dikombinasikan dengan instrumen lainnya dengan baik. Flute modern untuk profesional umumnya terbuat dari perak, emas atau kombinasi keduanya. Sedangkan flute untuk student umumnya terbuat dari nikel-perak, atau logam yang dilapisi perak.

Flute concert standar di-pitch di C dan mempunyai jangkauan nada 3 oktaf dimulai dari middle C. Akan tetapi, pada beberapa flute untuk profesional ada key tambahan untuk mencapai nada B di bawah middle C. Ini berarti flute merupakan salah satu instrumen orkestra yang tinggi, hanya piccolo yang lebih tinggi lagi dari flute. Piccolo adalah flute kecil yang di-pitch satu oktaf lebih tinggi dari flute concert standar. Piccolo juga umumnya digunakan dalam orkestra.

5. Terompet

Alat Musik Tiup Modern dan Tradisional Beserta Gambarnya

Terompet adalah alat musik tiup logam. Terletak pada jajaran tertinggi di antara tuba, eufonium, trombon, sousafon, French horn, dan Bariton. Terompet di-pitch di Bb.

Terompet hanya memiliki tiga tombol, dan pemain trompet harus menyesuaikan embouchure untuk mendapatkan nada yang berbeda.

Jenis yang paling umum adalah trompet Bb, tapi trompet C, D, Eb, E, F, G dan A juga dapat ditemukan. Trompet C paling umum dipakai dalam orkestra Amerika, dengan bentuknya yang lebih kecil memberikan suara yang lebih cerah, dan hidup dibandingkan dengan trompet Bb.

6. Trombon

Alat Musik Tiup Modern dan Tradisional Beserta Gambarnya

Trombon adalah alat musik tiup logam. Seperti pada alat musik tiup logam lainnya, suara dihasilkan dengan menggetarkan bibir.

Kata trombon diambil dari bahasa Itali tromba (terompet) dan -one (akhiran yang berarti besar), maka secara bahasa tulis arti trombon adalah "terompet besar". Karena memang secara ukuran trombon lebih besar daripada terompet. Pemain trombon disebut trombonis.

2. Alat musik petik


1. Gitar

Alat Musik Melodis Beserta Contohnya

Gitar adalah alat musik tradisional yang berasal dari spanyol. Tapi juga ada yang mengatakan bahwa sejarah gitar dimulai jauh sebelum masehi ketika zaman babilonia.
Pada masa Renaissance, alat musik gitar tidak begitu populer dan tidak diminati oleh masyarakat.
Namun setelah Alonso Mudarra mulai memperkenalkan gitar dengan karyanya, maka gitar mulai diminati masyarakat dan sangat populer pada saat itu.
Gitar di bagi menjadi 2 jenis, yaitu gitar akustik dan gitar elektrik.

2. Mandolin

Contoh Alat Musik Melodis

Mandolin adalah alat musik yang dulunya diwariskan oleh Mandore, seorang soprano kecapi. Mandolin awalnya memiliki 6 pasang senar. Alat musik ini berasal dari Italia.
Alat musik ini biasa digunakan untuk mengiringi tari udat dan lagu-lagu tradisional di Indonesia.

3. Kecapi

Jenis Alat Musik Melodis

Kecapi adalah alat musik tradisional yang dikenal sejak berabad-abad lalu. Asal mula alat musik kecapi ini berasal dari China dan dikenal dengan nama Ghuzheng.
Alat musik kecapi pada umumnya digunakan untuk mengiringi lagu-lagu daerah yang sifatnya lembut dan mendayu.
Di Indonesia, alat kecapi ini berkembang di tanah sunda. Baik itu kecapi suling, kecapi parahu, maupun kecapi siter juga sering dipergunakan untuk mengiringi acara-acara khas di wilayah setempat.

4. Sasando

Gambar Alat Musik Melodis

Sasando adalah alat musik yang berasal dari Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur. Sasando dimainkan dengan cara dipeti.
Alat musik sasando ini digunakan sebagai musik pengiring atau penghibur pada upacara adat ataupun sebagai hobi masyarakat.
Sasando dibagi menjadi 3 jenis, yaitu sasando gong, sasando biola, sasando elektrik.


3. Alat musik pukul


1. Kolintang

Macam-macam Alat Musik Pukul Beserta Gambarnya

Kolintang adalah salah satu alat musik tradisional masyarakat Minahasa di Sulawesi Utara. Alat musik ini terbuat dari kayu khusus yang disusun dan dimainkan dengan cara dipukul.

2. Perangkat gamelan

Jenis alat musik pukul

Gamelan adalah ensembel musik yang biasanya menonjolkan metalofon, gambang, gendang, dan gong. Istilah gamelan merujuk pada instrumennya atau alatnya, yang mana merupakan satu kesatuan utuh yang diwujudkan dan dibunyikan bersama. (wikipedia)
 
3. Calung

alat musik pukul bernada

Calung merupakan alat musik tradisional Jawa Barat yang terdiri dari deretan tabung bambu yang disusun berurutan dengan tangga nada pentatonik dan dimainkan dengan cara memukul bagian bilah atau tabungnya

4. Xylophone

Xylophone adalah instrumen sejenis gambang yang terdiri dari bilahan-bilahan (papan) dari kayu. Bilahan-bilahan tersebut tersebut tersusun seperti tuts pada instrumen piano. Dibawah papan terdapat pipa-pipa yang berfungsi untuk sebagai resonansinya.

Cara memainkan xylophone adalah dengan dipukul menggunakan dua buah tongkat yang ujungnya berbentuk bulat (mallet). Bagi seorang pemain xylophone profesional, mallet yang digunakan dapat lebih dari dua.

5. Vibraphone

alat musik pukul yang mempunyai nada

Suatu vibraphone adalah "suatu instrumen perkusi memiliki bentuk yang menyerupai xylophone tetapi dengan bilahan metal dan pipa-pipa resonator sebagai sustain nada hingga menghasilkan vibrasi". Cara memainkan instrumen ini adalah dengan memukul bilahan metal menggunakan mallet. Pemain juga dapat menekan pedal sustain, sesuai yang ditunjukkan dari notasi sampai pedal diangkat. Vibrapone ditemukan pada awal abad ke-20 yang dimainkan oleh musisi jazz terkenal seperti Lionel Hampton dan Milt Jackson.

6. Bellyra

Alat Musik Pukul (Bernada dan Tidak Bernada) Beserta Gambarnya


7. Glockenspiel

Alat Musik Pukul (Bernada dan Tidak Bernada) Beserta Gambarnya



Tidak ada komentar:

Posting Komentar